Saat mati listrik dan suasana gelap, kebanyakan dari kita akan bingung mau aktifitas apa. Sebenarnya banyak ide kreatif yang bisa kita wujudkan untuk menghasilkan karya-karya tak terduga saat mati listrik. Cobalah munculkan ide daripada menghabiskan waktu didepan HP atau bengong. Untuk fotografer bisa memanfaatkan waktu seperti itu untuk menghasilkan karya foto keren dan kreatif. Bisa menggunakan camera Nikon, Canon atau DSLR lainnya.

Contoh hasil foto dengan speed rendah
tips fotografi unik dan mudah
Shutter Speed : 1/30 | F:22 | ISO.100 | WB Auto | Lens 18-55mm

Kita juga bisa membuat karya keren saat mati lampu ( tidak harus mati lampu, yang penting gelap ). karya tersebut bisa diciptakan hanya bermodal tripod dan senter apapun. Bisa dilakukan sendirian dan tidak perlu meminta bantuan warga.

Contoh foto saat mati listrik dengan speed rendah
trik fotografi

Foto diatas terlihat artistik, bahkan kalian bisa berkarya lebih bagus lagi dengan memanfaatkan beberapa orang dengan menggerakan senter. 

Tiga peralatan yang perlu disiapkan untuk menghasilkan foto keren saat gelap:
1. Tripod (wajib agar tidak goyang), bisa gunakan meja/ lainnya
2. Senter (contoh diatas menggunakan senter power bank)
3. Camera (bebas, yang ada setingan speed dan diafragma/f)

Sekarang mari kita mulai membuat foto keren dan unik, carilah tempat yang gelap/matikan lampu.
1. Setting camera ke mode MANUAL (M)

2. Pasang camera dengan tripod/ letakkan di tempat yang tenang dan setting shutter speed mendekati bulb. Setting ISO paling rendah dan diafragma(f) antara 15 - 22. Contoh settingan camera saya :


3. Untuk menentukan fokus biasanya kesulitan karena kondisi tanpa cahaya. Kalian bisa menggunakan lilin/senter ditaruh ditempat nanti kalian berdiri dan naikkan ISO sampai maksimal. Ubah lensa ke mode Autofokus (bagi yang ada), Selanjutnya tekan tombol Shutter setengah (tombol jepret, hahaha) sampai ketemu focus. 

4. Selanjunya matikan mode Autofokus pada lensa, ubah kembali ISO ke 100 dan tekan penuh tombol Shutter. Silahkan gerakkan senter sesuka hati kalian, bisa maju, mundur, loncat-loncat, atau nungging-nungging sampai camera selesai. Semakin Shutter Speed rendah maka akan semakin lama. Ubahlah WB ke berbagai mode untuk menghasilkan komposisi warna yang keren.

Bagaimana mudah bukan?. Dan berkreasi seperti ini sangat keren dilakukan saat mati lampu. Bisa menghasilkan karya unik, indah dan fotografi fantastis. Contoh hasil karya saya saat mati lampu dengan setingan sebagai berikut :

 Shutter Speed : "30 | F:22 | ISO.100 | WB Neon | Lens 18-55mm
Trik foto keren
trik foto gelap

Selamat berkarya dengan ide-ide kreatif. Manfaatkan mati lampu untuk membuat karya keren dan tak terduga. Dunia menunggu inspirasi kalian....

Semoga berbagi TRIK FOTO KEREN SAAT MATI LISTRIK / GELAP bermanfaat bagi kalian. Silahkan tinggalkan jejak di komentar.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Post a Comment

 
Back Top